BICARA

Billy – Calysta – Ira

Peluncuran Bluetooth 3.0 di Hari Kartini

0948131pTepat 21 April mendatang, di hari peringatan ibu Kartini, Bluetooth SIG (Special Interest Group) akan secara resmi meluncurkan Bluetooth 3.0. Standar Bluetooth 3.0 yang dulu disebut sebagai Bluetooth UWB diharapkan mengantarkan kecepatan nirkabel jarak-pendek yang lebih cepat, atau minimal 18x dibandingkan versi 2.0 + EDR yang ada sekarang.

Standar ini juga disebutkan mendukung sampai 480Mb/s. Bahkan sampai jarak antara 6 dan 30 kaki, laju data Bluetooth 3.0 diharapkan mencapai minimal 53,3Mb/s, dan berada di kisaran 100MB/s. Selain kecepatan, peningkatan Bluetooth 3.0 juga mencakup berkurangnya peluang terputusnya koneksi saat sinkronisasi.

Dengan tambahan teknologi Generic Alternate MAC/PHY (AMP), Bluetooth 3.0 akan mampu mentransfer data pada kecepatan yang setara dengan Wi-Fi. Standar Bluetooth 3.0 memungkinkan frekuensi Bluetooth untuk membonceng (piggyback) protokol Wi-Fi 802.11, sehingga Bluetooth bisa diaktifkan di atas Wi-Fi. Dengan 802.11 Protocol Adaption Layer (PAL), Bluetooth akan digunakan untuk membantu pairing antara dua perangkat tetapi datanya akan ditransfer via Wi-Fi. Cuma untuk memanfaatkan kecepatan transfer yang lebih cepat, kedua perangkat harus mengusung Bluetooth dan Wi-Fi. Jika salah satu perangkat tidak mengusung Wi-Fi, maka Bluetooth akan digunakan untuk transfer data.

Bluetooth SIG mengklaims Bluetooth 3.0 dapat secara nirkabel mentransfer seluruh kepustakaan musik, satu keping DVD, atau koleksi foto liburan Adna dalam hitungan detik. Selain kecepatan yang kian meningkat, Bluetooth 3.0 juga memamerkan Enhanced Power Control yang dapat mengurangi terputusnya koneksi headset ketika Anda memasukkan ponsel ke dalam saku atau tas tangan.

Belum diketahui perangkat mana saja yang Bluetooth 3.0- ready, tetapi banyak analis memperkirakan Bluetooth SIG akan segera merilis daftar manufaktur yang produknya siap meluncur tanggal 21 mendatang Yang jelas Intel pasti ada di sana.

04/13/2009 - Posted by | Dunia Cyber

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: